tapi kata yang nyoba (suami, mertua, pembantu), lumpia ini memang enyaakk lhoo.. hohoo.. ^o^
daripada saya lupa resepnya (hasil nyoba2 sebenarnya qiqi..), saya share disini aja yaa..
sapa tau ada yang lagi pengen bikin lumpia tapi belum pernah bikin,
lumpia ini gampaang banget bikinnya, dan bisa disimpan di freezer kalo mau dimakan nanti
tar tinggal digoreng aja.
Bahan-bahan:
25 lbr kulit lumpia
250g rebung (boleh dganti bengkuang)
250g ayam, cincang
250g udang, cincang
250g wortel, parut
2 btg daun bawang
1 sdm minyak wijen
1 sdm saus tiram
2 butir telur kocok --> sisakan sedikit putih telurnya pada tempat terpisah
garam & penyedap secukupnya
2 sdm tepung maizena, dilarutkan dgn air
Bumbu halus:
5 siung bawang putih
Bahan sambal/cocolan:
1 buah cabe merah besar ulek kasar
2 buah cabe rawit merah (atau sesuai selera)
2 siung bawang putih, cincang halus
garam & gula sesuai selera
2 sdt cuka
200ml air
Cara membuat lumpia:
- tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan ayam cincang, tumis setengah matang. Lalu masukkan rebung, wortel dan daun bawang. setelah matang, masukkan udang (saya sengaja masukkan udah terakhir supaya udang tidak terlalu matang sehingga hilang rasa manisnya dan daging udang menjadi keras). tuang larutan tepung maizena, aduk cepat.
- masukkan telur kocok, aduk cepat sehingga tidak menggumpal dan tercampur rata diseluruh bahan.
- angkat, biarkan mendingin sambil menyiapkan kulit lumpia
- pisah-pisahkan kulit lumpia lalu basahi permukaannya dengan sedikit air supaya kulit lumpia tidak kaku dan keras
- ambil 1sdm penuh isi lumpia, tuang di bagian pinggir kulit lumpia, lalu ratakan dan gulung
- untuk merekatkan, gunakan putih telur. caranya sapukan sedikit pada ujungnya.
- goreng dengan api sedang hingga keemasan. tidak perlu lama karena semua bahan sudah matang.
- angkat, tiriskan.
Cara membuat cocolan:
- rebus air hingga mendidih, masukkan bawang putih cincang dan cabe merah yang telah diulek tadi, lalu cabe rawitnya.
- biarkan hingga harum dan tercium bau pedas dari cabe rawit. dengan merebus seperti ini, biasanya air rebusan sudah memiliki sensasi pedas, jadi klo g suka terlalu pedas, cabe rawit yang direbus tadi dapat dibirkan utuh. karena saya suka pedas, jadi cabe rawit tadi diulek, trus dimasukkan dalam air rebusan.
- masukkan gula, garam dan cuka.
- angkat
coba kreasikan dengan berbagai macam isi supaya tau mana yang paling kita suka, misalnya tauge, bihun, daging sapi mungkin (ada ngga sih lumpia daging sapi? hehee..). o ya, lumpia ini jadinya rada gede, jadi makan 2 ato 3 udah bikin kenyang (jiaaahh.. 3 katanyaa?? mesti aja kenyaangg wkwkwk.. :)) ).
terus, berhubung saya ini penggemar minyak wijen jadilah saya tambahkan itu, ternyata rasanya baik-baik aja kok. malah kata mama saya, ditambahkan minyak ikan, tp ngga saya kasih, karena saya ngebayangin rasanya bakal aneh hehe.. ato mungkin ada yg pernah nyoba?enak ngga?
hampir lupa, pas browsing resep2 lumpia, kan pada pakai tepung maizena, tp saya pakai tepung kanji krn g ada stok maizena.
terus, berhubung saya ini penggemar minyak wijen jadilah saya tambahkan itu, ternyata rasanya baik-baik aja kok. malah kata mama saya, ditambahkan minyak ikan, tp ngga saya kasih, karena saya ngebayangin rasanya bakal aneh hehe.. ato mungkin ada yg pernah nyoba?enak ngga?
hampir lupa, pas browsing resep2 lumpia, kan pada pakai tepung maizena, tp saya pakai tepung kanji krn g ada stok maizena.
